Selasa, 15 Maret 2016

2016, Kemenkop UKM Targetkan Jumlah Pengusaha Menjadi 2 Persen

Wong Penginyongan. 2016, Kemenkop UKM Targetkan Jumlah Pengusaha Menjadi 2 Persen

Bekerja kantoran di perusahaan besar dan ternama adalah salah satu impian mahasiswa ketika lulus. Inilah yang masih menjadi pemikiran konservatif sebagian besar mahasiswa di Indonesia. Hal inilah yang perlu dirubah. Perlu dipikirkan agar bagaimana mahasiswa ketika lulus untuk menjadi seorang wirausahawan, wirausahawan yang sukses dan bermanfaat bagi orang lain
Itu yang disampaikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Agus Muharram. Agus menjelaskan, berdasar Data Kemenkop UKM, jumlah wirausahawan di Indonesia melonjak tajam dari 0,24 persen menjadi 1,56 persen dari total populasi penduduk.
"Kemenkop UKM optimistis tahun 2016 ini pertumbuhan wirausahawan akan mencapai ke titik ideal minimal 2 persen," ujar Agus , (Rabu, 9/3/2016).
Dia memberikan contoh, jumlah wirausahawan Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara tetangga. Misalnya Singapura sebesar tujuh persen, Malaysia lima persen, dan Thailand empat persen dari total jumlah penduduk. Sementara negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang bahkan memiliki jumlah pengusaha lebih dari 10 persen dari jumlah populasi.
Meskipun jumlah pengusaha di Indonesia masih minim, namun survey yang dilakukan oleh Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada tahun 2013, menunjukkan bahwa keinginan berwirausaha masyarakat Indonesia adalah yang kedua tertinggi di ASEAN setelah Filipina.
“Jiika jumlah wirausaha bisa bertambah maka akan turut mendongkrak ekonomi negara. Wirausaha akan membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian negara,” pungkasnya. (nas)Sumberhttp://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/2016-kemenkop-ukm-targetkan-jumlah-pengusaha-menjadi-2-persen-
(***)

0 komentar:

Posting Komentar